Produk UMKM Masuk Mini Market Nasional, Bupati Samosir Pastikan Produk Dijual di Rak Terdepan

Produk UMKM Kabupaten Samosir semakin menggeliat, masuk dan dipasarkan dalam ritel modern (mini market nasional). Produk UMKM kini tersedia pada Alfamidi di Samosir, Toba, dan Simalungun.

topmetro.news – Produk UMKM Kabupaten Samosir semakin menggeliat, masuk dan dipasarkan dalam ritel modern (mini market nasional). Produk UMKM kini tersedia pada Alfamidi di Samosir, Toba, dan Simalungun.

Untuk pertama kalinya masuk dalam mini market skala nasional, Bupati Samosir Vandiko T Gultom secara resmi melaunching produk UMKM di Alfamidi Pangururan, Sabtu (16/12/2023).

Turut hadir anggota DPRD Samosir Saurtua Silalahi, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom,.Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Perizinan Pilippi Simarmata.

Produk yang masuk Alfamidi di antaranya, BBS Bandrek, Kembang Loyang Singkong, Sasagun Samosir Cookies, Kerupuk Samosir Kulit Ikan, Sijelok Samosir Original, Sijelok Samosir Psg, Alusi Coffe, Kopi Samosir, Samandali Andaliman Bubuk.

Bupati Samosir memastikan produk UMKM yang dipasarkan melalui ritel modern tersebut ditempatkan di rak utama dan terdepan.

Vandiko menyampaikan, masuknya produk UMKM dalam mini market skala nasional merupakan komitmen dan tanggung jawab pemerintah dalam membantu pemasaran. Sehingga pelaku UMKM semakin bersemangat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tidak hanya itu, Vandiko menambahkan bahwa pemkab juga berkewajiban mempromosikan produk UMKM. Juga melakukan pendampingan, pelatihan baik dalam peningkatan kemampuan (skill) maupun packaging.

Selain di gerai Alfamidi, lebih jauh lagi, produk UMKM juga tersedia melalui aplikasi e-Onan. Sehingga dapat mengobati rasa rindu perantau, dan wisatawan untuk mendapatkannya.

Bupati pun mengucapkan terima kasih kepada Managemen Alfamidi yang sudah mau bekerja sama dalam memasarkan produk UMKM Samosir.

Dengan launching produk UMKM di Alfamidi, Bupati Samosir mengajak pelaku UMKM untuk lebih bersemangat dan giat berkreasi. Sehingga akan lebih banyak lagi yang masuk dalam mini market skala nasional.

Bangga

Pelaku UMKM dari Kecamatan Ronggur Nihuta , Lasria Sihotang mengaku bangga dengan perhatian Bupati Samosir. “Ke depannya semoga kami semakin kreatif, semakin menasional,” ucapnya.

Healthy Situmorang, pelaku UMKM dari Lumban Suhi Suhi Toruan yakin, dengan masuknya produk UMKM-nya di Alfamidi akan dapat meningkatkan perekonomian. Untuk pelaku UMKM lainnya, Healthy berpesan agar tetap tetap semangat dan kerja keras.

Sedangkan Saurtua Silalahi menyebut, pemasaran ke mini market merupakan bentuk keseriusan pemkab mendukung program UMKM. “Hari Ini merupakan hari yang bersejarah bagi UMKM Samosir. Hari ini sudah naik kelas masuk skala nasional dan harus semakin meningkat lagi,” katanya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment